product header background

Tentang Kami

Répertoire International de Littérature Musicale

International Repertory of Music Literature (Répertoire International de Littérature Musicale RILM) adalah organisasi nirlaba yang menawarkan koleksi digital dan alat canggih untuk menemukan penelitian tentang semua topik yang berkaitan dengan musik dan disciplin terkait, misalnya tari, drama dan seni. Misinya adalah membuat pengetahuan ini dapat diakses oleh komunitas peneliti dan seniman di seluruh dunia. Oleh karena itu berusaha untuk memasukkan studi musik yang diproduksi di semua negara dan bahasa, melintasi batas-batas disiplin dan budaya, sehingga mendorong penelitian dalam seni, humaniora, ilmu pengetahuan, dan ilmu sosial.

RILM memiliki beberapa produk yang dirancang sebagai sumber referensi dalam penelitian musik. Dikenal dengan publikasi andalannya, RILM Abstracts of Music Literature menyediakan bibliografi internasional yang komprehensif tentang penulisan musik yang mencakup publikasi dari awal abad ke-19 hingga saat ini. Versi teks lengkap yang diperluas dari lebih dari 250 jurnal juga tersedia. RILM menghasilkan repositori RILM Music Encyclopedias dan Index to Printed Music. RILM juga mempertahankan platform Egretnya, dengan kemampuan pencarian dan penelusuran lanjutan, yang menampung ensiklopedia MGG Online, kamus ensiklopedis musik dan musisi Jerman, dan koleksi RILM Music Encyclopedias.

Sumber daya ini membuktikan komitmen RILM untuk mewakili pengetahuan yang dihasilkan di berbagai geografi tentang tradisi musik, dan untuk membuat pengetahuan ini dapat diakses oleh komunitas peneliti dan pemain di seluruh dunia.

Metallophone (slenthem), 1840, Central Java, Indonesia. Museum of Fine Arts, Boston. Credits

Sejarah

RILM didirikan pada tahun 1966 oleh ahli musik Amerika Serikat Barry S. Brook (1918-1997) di bawah sponsor bersama dari International Musicological Society (IMS) dan Asosiasi Internasional Perpustakaan Musik, Arsip dan Pusat Dokumentasi (International Association of Music Libraries, Archives and Documentation Centers, IAML). Pada tahun 2007, International Council for Traditional Music and Dance (ICTMD) bergabung sebagai organisasi sponsor ketiga.

Antara 1967 dan 1968, RILM mengembangkan program komputer pertamanya untuk pemrosesan otomatis dan pengaturan catatan bibliografi dan indeks penulis/subjek. Pada tahun 1979 RILM menandatangani perjanjian dengan Lockheed Research Laboratory di Palo Alto, sebuah divisi dari Lockheed Missiles and Space Company, Inc. untuk distribusi datanya melalui saluran telepon. Walaupun RILM Music Literature Abstracts tersedia secara online sebelum munculnya Internet, hingga akhir abad ke-20, cara utama distribusi catatan bibliografinya adalah melalui volume cetak.

Mulai tahun 1989 National Information Services Corporation (NISC) dari Baltimore menerbitkan RILM Music Literature Abstracts pada CD-ROM. Selama tahun 1990-an, Abstrak RILM tersedia online melalui platform digital NISC Muse (1993-2010), OCLC First Search (1994-2010), Ovid/Silver Platter (2002-2010), dan Cambridge Scientific Abstracts/ProQuest (2002-2010 ). Basis data RILM saat ini tersedia melalui Layanan Informasi EBSCO. Platform RILM, Egret, menawarkan RILM Encyclopedia of Music dan MGG online.

Graduate Center of the City University of New York (CUNY) telah menyediakan ruangan kelembagaan kepada RILM International Center sejak tahun 1968.

Organisasi

RILM punya staf lebih dari 40 karyawan termasuk editor, pakar teknologi, dan administrator. Itu diatur dan dikelola oleh Dewan Direksi dan komite penasihat yaitu Commission Mixte yang terdiri dari anggota yang ditunjuk dari International Musicological Society (IMS), Asosiasi Internasional Perpustakaan Musik, Pusat Arsip dan Dokumentasi dan International Association of Music Libraries, Arsip dan Pusat Dokumentasi (IAML), dan Dewan Musik Tradisional (ICTM). Laporan kedua Barry Brook yang diterbitkan dalam majalah Notes edisi Maret 1968 memberikan detailnya mengenai pertimbangan Commission Mixte saat bekerja untuk menetapkan prosedur dan operasi RILM.

Informasi bibliografi dan abstrak, serta jurnal yang belum dicakup oleh RILM, juga dapat dikirim langsung ke International Center di New York. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi info@rilm.org.

Publikasi Online

Abstrak Sastra Musik RILM

Abstrak Sastra Musik RILM meliput keluaran ilmiah internasional tentang musik yang muncul di media cetak dan digital dan dalam bahasa apa pun. Abstrak terdiri dari beberapa bahan yang diterbitkan sejak tahun 1967: kutipan artikel, buku dengan penulis tunggal dan koleksi esai, bibliografi, katalog, tesis master dan disertasi doktoral, festschriften (kumpulan tulisan yang diterbitkan untuk menghormati seorang sarjana), film, video, gambar teknik instrumen, edisi faksimili, ikonografi, komentar yang termasuk dalam edisi kritis musik, rekaman etnografi, prosiding konferensi, ulasan, sumber daya web, serta lebih dari 3.500 majalah yang sesuai dengan liputan International Directory of the Music Press (Repertoire International de la Presse Musicale, RIPM). Ini berbeda dari indeks periodik musik lainnya karena meliput buku, abstrak, indeks, dan memiliki liputan internasional dan lebih selektif. Setiap entri memberikan judul dalam bahasa asli, terjemahan bahasa Inggris dari judul, data bibliografi lengkap, dan abstrak dengan indeks terperinci, yang semuanya membantu menyampaikan “kesetiaan” catatan. Entri yang aslinya tidak ditulis dalam bahasa Inggris umumnya menyertakan abstrak dalam bahasa asli publikasi.

Abstrak Sastra Musik Teks Lengkap RAFT

Pada bulan Juli 2016, Abstrak Sastra Musik RILM diperluas dengan penambahan majalah musik full-text. Music Literature Abstracts with Full Text (RAFT) menawarkan akses penuh ke 250 majalah musik dari berbagai negara. Liputan itu juga termasuk ulasan, obituari, editorial, korespondensi, pengumuman dan item berita yang diterbitkan dari awal abad ke-20 hingga saat ini. Selain metadata, abstrak, dan indeks, RAFT menawarkan alat penelusuran dan penelusuran untuk teks lengkap setiap terbitan kepada seluruh buku. Isi liputan terkini dari setiap judul dapat ditemukan dalam daftar judul di rilm.org/fulltext. Judul baru ditambahkan secara berkelanjutan.

Ensiklopedia Musik RME

Pada Desember 2015, RILM meluncurkan RILM Music Encyclopedia (RME) dengan 41 judul. Pustakawan Laurie Sampsel menyatakan bahwa pencarian silang teks lengkap dari begitu banyak judul menghasilkan hasil yang sangat sulit ditemukan dengan menggunakan versi cetak dari ensiklopedia ini. Stephen Henry menyebutkan bahwa RME menyediakan akses ke beberapa sumber daya Eropa yang sangat baik yang tidak tersedia untuk perpustakaan dengan koleksi musik parsial.

Judul RME berasal dari periode dan negara yang berbeda: yang paling awal, Dictionnaire de musique (Dictionnaire de musique) karya Jean-Jacques Rosseau, diterbitkan pada tahun 1775. Ada juga edisi pertama “The Grove”, diterbitkan oleh Theodore Presser pada tahun 1895, kebanyakan dari tahun 2000 atau lebih baru. Di antaranya adalah Broadway karya Ken Bloom, Encyclopedia of Music in the 20th Century karya Lol Henderson dan Lee Stacey, Das Gothic-und Dark Wave-Lexikon karya Peter Matzke et al., dan Dictionary of the Avant-Gardes karya Richard Kostelanetz. Juga termasuk Handbook of Musical Terminology (Handwörterbuch der musikalischen Terminologie), yang dibuat antara tahun 1972 dan 2006. RME berisi judul-judul penting untuk etnomusikolog, termasuk Garland Encyclopedia of World Music dan Biographical Dictionary of African American Musicians and African Music oleh Eileen Southern, yang pertama volume komprehensif dari jenisnya. Koleksinya bertambah dengan rata-rata empat judul tambahan per tahun. Salah satu judulnya, Composers of the Present (Komponisten der Gegenwart, KDG) terus diperbarui dengan artikel baru atau tambahan dari yang sudah ada. Daftar ensiklopedia lengkap dapat ditemukan di RILM Music Encyclopedias.

Indeks kepada Musik yang Dicetak (IPM)

Pada 1 Juli 2018, RILM mengambil alih kepemilikan IPM. Sebelumnya, itu dimiliki oleh James Adrian Music Company, yang didirikan pada tahun 2000 oleh George R. Hill.

Index to Printed Music (IPM) adalah satu-satunya alat bantu pencarian digital untuk mencari karya musik tertentu yang terdapat dalam koleksi cetak, set, dan seri. Ini mengindeks potongan musik individu yang dicetak dalam karya lengkap komposer, dalam antologi yang berisi potongan dari periode sejarah yang berbeda, dan dalam edisi ilmiah lainnya. Ini memberikan tingkat detail granular tentang setiap bagian, termasuk kekuatan pertunjukan, bahasa, beberapa kunci musik atau bass berpola, dan banyak lagi. IPM mencakup isi lengkap dari Collected Editions, Historical Series & Sets & Monuments of Music: A Bibliography, oleh George R. Hill dan Norris L. Stephens (Berkeley: Fallen Leaf Press, 1997),[36] yang berdasarkan Historical Sets, Collected Editions, and Monuments of Music: A Guide to Their Contents oleh Anna H. Heyer (American Library Association, 1957–1980).

Sejak 2019 IPM menawarkan fitur-fitur baru, di antaranya fakta biografi yang mengidentifikasi komposer, editor, dan penulis lirik; hyperlink ke edisi akses terbuka; musik awal untuk karya-karya yang sulit dibedakan satu sama lain; mudah beralih antara koleksi dan karya individu yang terkandung di dalamnya; dan filter pencarian yang diperluas untuk memungkinkan pencarian yang disempurnakan berdasarkan tempat dan tanggal publikasi, jenis dokumen, genre, dan bahasa teks.

Bibliolore

RILM menjadi tuan rumah blog Bibliolore yang postingannya memiliki hubungan langsung dengan konten yang ditemukan di Abstrak RILM Sastra Musik dan penyempurnaannya, Abstrak RILM Sastra Musik dengan Teks Lengkap, serta Ensiklopedia Musik RILM, MGG Online, dan Indeks untuk Musik Cetak. Posting baru muncul setiap minggu, banyak di antaranya merayakan ulang tahun tokoh musik dan hari jadi. Sejak didirikan pada tahun 2009, Bibliolore telah menerbitkan lebih dari 1500 posting dan telah dilihat lebih dari 600.000 kali.

Publikasi Cetak

Antara tahun 1967 dan 1999, RILM menerbitkan RILM Abstracts of Music Literature di media cetak, pertama setiap tiga bulan dan kemudian setiap tahun. Volume 1999, volume cetak terakhir, adalah yang terbesar dengan 19.619 catatan.

Sejak tahun 1972, RILM juga telah menerbitkan volume cetak dalam seri RILM Retrospectives. Bibliografi topikal ini dimulai dengan edisi Thematic Catalogues in Music: An Annotated Bibliography (Stuyvesant, NY: Pendragon Press, 1972). Volume terbaru yang diterbitkan dalam seri ini termasuk Speaking of Music: Music Conferences 1835–1966 (2004), sebuah bibliografi beranotasi dari 5948 makalah tentang topik musik yang disajikan di 447 konferensi. Sementara membangun upaya sebelumnya, volume tetap setia pada visi asli Barry Brook sambil memperluas di atasnya juga: mencakup lebih dari 130 tahun proses konferensi dan memiliki cakupan dunia, meskipun Eropa Barat tetap menjadi fokus. Volume berikutnya, Liber Amicorum: Festschriften for Music Scholars and Nonmusicians, 1840–1966, adalah katalog bibliografi beranotasi dari 574 Festschriften, dengan total 118 halaman dan 715 entri. Bagian berikutnya dari volume (total 355 halaman dan 3881 entri) mendokumentasikan semua artikel yang berkaitan dengan musik ditemukan di Festschriften terdaftar, didahului oleh sejarah pengantar Festschriften. Semua volume terutama ditujukan untuk bahan penelitian yang diterbitkan sebelum RILM mengeluarkan volume pertamanya pada tahun 1967.

Rangkaian prosiding konferensi Perspektif RILM mengeksplorasi topik yang terkait dengan misi global organisasi. Volume perdana, Music’s Intellectual History: Founders, Followers & Fads of 2009, diedit oleh Zdravko Blažeković dan Barbara Dobbs Mackenzie, didasarkan pada makalah yang dipresentasikan pada konferensi tentang historiografi musik, yang diadakan di The Graduate Center, CUNY, 16–19 Maret 2005.

RILM telah menerbitkan dua edisi panduan gaya komprehensifnya, How to Write About Music: The RILM Manual of Style. Edisi kedua memperkenalkan materi yang tidak termasuk dalam publikasi 2005 serta revisi berdasarkan saran dari pembaca. Manual berbeda secara signifikan dari panduan gaya umum seperti MLA atau APA dengan menjelaskan masalah bahasa netral gender, bahasa mati, dan tanda baca (dari koma serial hingga tanda hubung) melalui lensa musik. Manual ini secara khusus cocok untuk siswa.

Platform RILM Egret

RILM telah mengembangkan platform yang berdiri sendiri dengan kemampuan pencarian dan penelusuran paling canggih untuk menampung dan mendistribusikan karya referensi musik, dimulai dengan ensiklopedia musik resmi berbahasa Jerman yaitu Die Musik di Geschichte und Gegenwart (MGG). Egret memfasilitasi terjemahan otomatis konten ke lebih dari 100 bahasa melalui integrasi Google Translate, akun pengguna di mana anotasi dan catatan dapat dibuat, disimpan, dan dibagikan, referensi silang yang menghubungkan konten terkait di seluruh MGG Online, tautan ke konten terkait di RILM Abstracts of Music Literature dan lainnya, serta interface yang kompatibel dengan perangkat seluler dan tablet. Fungsi pencarian dipuji sebagai alat yang kuat namun mudah digunakan, dengan berbagai pilihan yang tersedia untuk membatasi hasil pencarian. Hasil pencarian tertentu dapat dengan mudah ditemukan di bagian pratinjau. MGG Online didasarkan pada Die Musik edisi kedua di Geschichte und Gegenwart, tetapi mencakup pembaruan, revisi, dan penambahan yang berkelanjutan. Egret memungkinkan pengguna untuk mengakses versi sebelumnya dari artikel yang direvisi. Pada Februari 2020 RILM Music Encyclopedias diluncurkan di Egret.